Rabu, 16 Maret 2011

PNS di Jambi akan Jalani Tes AIDS

Komisi Penanggulangan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi berencana akan mengecek darah seluruh pegawai negeri sipil di daerah itu.
Dihubungi di Kualatungkal, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Minggu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tanjabbar, Dwikora Sulaksono mengatakan, tujuan pengecekan tersebut untuk mengetahui dan mendeteksi sejauh mana pengaruh penyakit AIDS di masyarakat khususnya kalangan pegawai di lingkup Pemkab Tanjabbar.
Shinta
"Kami sudah membahasnya dengan Dinas Kesehatan setempat. Jika memang tidak ada itu lebih baik, namun apabila terbukti ada pegawai yang terkena penyakit itu naka bisa ditindaklanjuti sejak dini," ujarnya.
Rencana pengambilan sampel darah seluruh pegawai di Tanjabbar sudah dirancang sejak lama, namun baru tahun ini akan direlaisasikan. "Kami tinggal menentukan kapan waktu pelaksanaannya saja," katanya.
Ia menjelaskan, jika virus tersebut terdeteksi sejak dini maka perkembangan virus paling ditakuti di dunia itu bisa ditekan, sebab tidak banyak orang yang tahu gejala-gejala yang ditimbulkan. Tidak hanya para pegawai di Tanjabbar, KPA Tanjabbar juga berencana melakukan hal yang sama bagi seluruh remaja di daerah itu.
"Kami berharap ada kerja sama yang baik di masyarakat. Bukan untuk mencari siapa yang terkena penyakit, namun semata-mata demi kesehatan seluruh masyarakat," ujarnya.
Berdasarkan data di KPA Tanjabbar, jumlah pengidan HIV maupun AIDS di Jambi tercatat sudah mencapai 600 orang lebih. Khusus di Tanjabbar diperkirakan mencapai angka 130 orang lebih. "Angka tepatnya cukup sulit terdata, mengingat banyak masyarakat yang enggan melapor. Angka yang ada hanya data dari Dinas Kesehatan yang bersumber dari tiap rumah sakit," tambahnya.


Sumber: Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar