Minggu, 24 April 2011

Osteoarthritis

Osteoarthritis (OA), juga dikenal sebagai penyakit sendi degeneratif. Penyakit ini terjadi ketika tulang-bantalan tulang rawan, yang berfungsi sebagai "shock breaker" pada kendaraan bermotor, dan memungkinkan sendi untuk bergerak dengan lancar, terganggu kinerjanya. Hal yang paling umum di tangan, kaki, lutut, pinggul, dan punggung bawah.

Anda mungkin merasa kaku, gerakan kurang fleksibel, atau bahkan tidak bisa bergerak  sama sekali. Untuk hal yang laing ekrem, Anda akan kesulitan melakukan rutinitas kesehatian Anda: naik turun tangga, baik-turun tempat tidur, bahkan membuka spotles.

Penyakin OA bisa menyerang siapa saja. "Meskipun dengan penuaan ada beberapa degenerasi alami dari tulang rawan, ada beberapa orang yang tampaknya berada pada risiko yang lebih besar  untuk OA," kata Dr Joanne Homik, ketua Komite Penasihat Medis Masyarakat Arthritis dan Rheumatologis di University of Alberta, Kanada. Faktor risiko yang turut berkontribusi termasuk pekerjaan fisik yang teratur, genetika, cidera berat sebelumnya, dan berat badan.

Apakah ada yang bisakita lakukan jika sudah terkena AO?

Meskipun tidak ada obat dikenal dan kondisi tidak dapat diubah, perkembangan OA  cenderung lambat, kata Dr Cy Frank, mantan presiden Asosiasi Ortopedi Kanada dan  profesor di University of Calgary. "Namun, Anda juga bisa melakukan sejumlah langkah untuk mengelolanya," katanya.

Cara mengelola gejala AO yang direkomendasikan Frank adalah:
  • Jauhkan stres fisik  dan ubah jenis latihan yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. 
  • Gunakan bantal pemanas hangat atau mandi dengan air hangat untuk menghilangkan kekakuan dan kejang otot, atau kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Krim topikal dan gel dapat memberikan pereda nyeri jangka pendek.
  • Dokter mungkin merekomendasikan obat anti-inflammatory drugs (NSAID), seperti asam asetilsalisilat dan ibuprofen.
  • Turunkan berat badan. Menurunkan berat badan efektif untuk mengurangi penderitaan, terutama pada daerah lutut.
  • Operasi adalah pilihan terakhir. Yang paling umum jenis operasi termasuk arthroscopy minor, di mana "puing-puing" dibersihkan keluar dan tulang rawan diperbaiki, serta penggantian sendi utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar